Minggu, 14 April 2024

PROFIL PENULIS METODE MASRURIYAH & PENDIRI MARKAZ MASRURIYAH

*PROFIL PENULIS METODE MASRURIYAH & PENDIRI MARKAZ MASRURIYAH*


*Tolani M.Pd.* alias *Ahmad Tolani* merupakan anak pertama dari empat bersaudara pasangan Bapak Rasmo dan ibu Ma'rifah lahir pada tanggal 06 April 1983 di Tegal perbatasan dengan kota Pemalang. Masa kecilnya dihabiskan untuk bermain, belajar dan mengaji. Ia mulai menimba ilmu agama di MDA Miftahul Anwar Kedeungkelor - Warureja - Tegal asuhan Kyai Majidin (th. 1995-1999) dan dilanjutkan di Pondok Pesantren Salafiyah Kauman Pemalang asuhan K. H Sya'ban Zuhdi (lulus tahun 2003) dan menjadi santri kalong Pondok Pesantren Al-Hikmah-Benda Sirampog/Bumiayu-Brebes asuhan K.H. Masruri Abdul Mughni (th. 2000- 2004). Selepas SMA di MAN Pemalang, ia melanjutkan perjalanan hidup dan pendidikannya di STAI Sukabumi (lulus D2 tahun 2006), di STIT SIFA Bogor (lulus S1 Pendidikan Agama Islam tahun 2009) dan sambil mengajar ngaji di majelis ilmu Masjid An-Nuur BDB 2 Cibinong serta mengajar di SMP PGRI Karadenan Cibinong, SMP Triple J Citereup dan SMP Plus Muda Prakarya Cibinong.  Ia melanjutkan pendidikannya di universitas PGRI unindra Jakarta, mengambil jurusan pendidikan selama 2 tahun (lulus S2 tahun 2013) dan Menjadi Dosen Tahsinul Qur'an di STIT SIFA tahun 2023.


Kecintaannya pada Ilmu Agama dan Alqur'an ia kembangkan dengan selalu mengikuti ta'lim, pelatihan dan mempelajari berbagai metode baca Alquran, termasuk mengikuti TOT untuk salah satu metode membaca Alquran tertentu dan menjadi seorang Trainer Metode Baca Al-Qur'an, hingga akhirnya ia mengikuti pendidikan kader ulama (PKU) angkatan X yang diselenggarakan oleh Majelis ulama Indonesia (MUI) kabupaten Bogor yang lulus dengan predikat Cumlaude. Sampai saat ini ia aktif dakwah di tengah masyarakat yang tergabung dalam wadah Da'i LPKPU MUI Kab.  Bogor &  Da'i DMI Kab. Bogor.


Adapun Sanad- Sanad Guru Al-Qur'an baik secara Ilmu Tajwid dan Talaqinya yang ia dapatkan yaitu dari : DR. K.H. Ahmad Fathoni, M.A (Penulis Metode Maisura) pengasih Ponpes IIQ Jakarta sanad ke 33 , K.H. Muhammad Fikri Hasbi pengasuh Ponpes Darul Hasbi Jakarta Barat sanad ke 35 dan Ust Futut Bimessa pengusuh Rumah Tahfidz Cahaya Al-Qur'an Cibinong sanad ke 34, Ust Muhammad Laili Al-Fadli pengasuh Ponpes MUQRI Depok, Abah Mubakir Warureja Tegal, Kyai Ghozali Suradadi Tegal, K.H Dzulhilmi Ghazali Surabaya dan K.H Ali Mua'fa Surabaya.


Sehari-harinya selalu sibuk mengajar dan berdakwah, ia juga menulis berbagai buku, selain buku *Metode Tajwid & Gharib Metode Masruriyah*, ia menulis diantaranya buku *Matode Cepat Fasih Baca Al-Qur'an (CFBA) Masruriyah*, buku *Metode Senandung Materi Agama Dasar (SMAD) Masruriyah*, Buku *Metode Matematika Religi* dan buku Pesan Langit. Ahmad Tolani menikah dengan seorang wanita putri seorang Kyai yang bernama Solehah binti Kyai Subechie pada tahun 2012 dan dikaruniai 4 orang anak : Hanin, Hanan, Habib dan Hanun.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar